Karena Berbagi Itu Menyenangkan

Tutorial Lengkap Membuat Thumbnail Video YouTube Dengan Mudah



Halo teman.. Pada postingan kali ini, kami akan berbagi tentang bagaimana cara membuat/mendesain thumbnail pada video YouTube serta bagaimana cara menerapkannya di YouTube. Sebelumnya, apakah kalian tahu fungsi dari Thumbnail? Jawabannya simpel, Thumbnail sendiri memiliki fungsi untuk menarik perhatian para penonton (viewers). Jadi Thumbnail yang kita buat haruslah menarik, itu kuncinya. Dengan begitu, penonton akan penasaran dan akan secara otomatis menonton video kalian. Kalian penasaran? Mari kita ikuti tutorial dibawah ini.

Bahan
1. Software editing photo, disini kami menggunakan Adobe Photoshop CS6.
2. Video YouTube.
3. Bahan Gambar.


Langkah-Langkah
1. Buatlah/Desain video thumbnail kalian, disini kami membuat thumbnail simpel tentang semut untuk diterapkan pada video yang telah kami upload sebelumnya.
Gunakanlah resolusi gambar 1280 x 720 pixel. Agar gambar yang dihasilkan bagus dan tidak blur.


2. Jika kita telah selesai mengedit, simpan gambar dengan cara klik File lalu pilih Save As.


3. Tentukan nama dan lokasi/tempat penyimpanan hasil gambar yang telah dibuat. Disini kami menamainya Video thumbnail.jpg.


Pada tahap ini, proses editing gambar telah selesai dilakukan. Sekarang kita masuk ketahap penerapan/pemasangan thumbnail video.

1. Buka YouTube atau klik http://www.youtube.com
2. Login kedalam akun Google. Jika kalian belum punya, silahkan ikuti tutorial ini.
3. Jika sudah login, klik My Channel.


4. Setelah itu pilih Video Manager.


5. Pilih video yang ingin kita edit thumbnail-nya, lalu klik Edit.


6. Klik Custom thumbnail.


7. Pilih gambar yang telah kita buat/edit. Selanjutnya klik Open dan gambar akan otomatis terupload.


8. Setelah proses upload selesai, klik pada Thumbnail yang ingin diterapkan (yang telah dibuat), lalu klik Save Changes untuk menerapkan thumbnail.


Selesai.. Sekarang kalian telah berhasil menerapkan/memasang thumbnail pada video YouTube. Dan berikut adalah hasilnya..



Sekian tutorial ini, semoga dapat membantu dan menambah pengetahuan kalian. Pada tutorial ini kami membuatnya dengan sederhana. Saran kami, buatlah thumbnail video kalian semenarik mungkin, semakin menarik thumbnail video, maka akan semakin banyak viewers (penonton) yang akan melihat video kalian.